Wednesday, May 8, 2013

MOTRET, MAKAN, TEMAN dan UMUR PANJANG

Hai, Klappieluvrs! Siapa yg suka foto2 makanan sebelum dimakan? Hayo ngaku!
Begitu meluasnya epidemi ini hingga ada blog khusus bagi mereka yang gemar memotret makanan. Meski mereka bukanlah food blogger atau food critic.



Trend memotret makanan secara obsesif ditengarai bisa jadi salah satu pertanda gangguan kelainan makan. Begitulah kabar terbaru dari Divisi Kesehatan Mental dari Lembaga Obesitas Kanada mengumumkan ada kaitan antara memotret makanan dg kelainan kebiasaan makan.



Dr. Valerie Taylor, kepala psikiater dari Women's College Hospital di Toronto bersabda, "Saat orang mulai menggantikan foto teman2 makannya dengan makanan yang akan disantapnya, bisa jadi pertanda akan gejala kelainan makan, persoalan berat badan tahap awal."

Taylor juga menambahkan, makanan telah sejak lama memiliki peran yang besar secara psikologis, terutama dalam hal obesitas. Nah, ternyata ditemukan bahwa struktur otak diaktivasi pada suatu wilayah sama kayak rangsangan gembira lainnya, yaitu makanan, musik atau seks. Itulah sebabnya makanan bisa menimbulkan obesitas karena gejala kelainan makan.

Nah, Klappieluvrs jangan lupa interaksi bersama teman-teman makan ya! Jangan cuma sibuk memotret makanan! :-) Tetapi ada fakta lain lho yang juga harus kita perhatikan tentang makan bersama teman atau keluarga. Sebuah studi yang digelar Georgia State University menyatakan, orang lebih banyak makan, jika bersama teman atau keluarga. Jadi jangan sampai akan berlebihan juga, karena serunya menikmati hidangan bersama-sama.

Makan diselingi gelak tawa bersama teman atau keluarga membuat otak rileks, membangkitkan energi & mengusir depresi. Sebab saat kita makan bersama teman tubuh menghasilkan hormon oksitosin & prolaktin. Kedua hormon tersebut biasanya dihasilkan saat ibu melahirkan. Hormon-hormon itu membangkitkan rasa nyaman, kehangatan, kepercayaan, ketergantungan bahkan kasih sayang. Luar biasa bukan?

Efek positif makan bersama teman atau keluarga timbul ikatan yang kuat dalam silahturahmi. Orang yang memiliki ikatan kuat dalam pertemanan dan kekeluargaan, memiliki umur lebih panjang hingga 22% daripada mereka yang suka menyendiri.

Need a sweet treats for your beloved friends, Klappieluvrs? Place your cakes order at 089637070353 and we will send it to your friends! It’s not how big your share is, It’s how much you can share, said Eddi Reader. :-)



posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment