Friday, January 7, 2011

INSPIRATIONAL DESIGN: TRON






Film Tron menunjukkan bagaimana dekorasi sebuah ruangan di era digital. Selama ini kita selalu disuguhkan bagaimana desain era masa depan selalu dalam koridor gaya futuristik minimalis ataupun rumit dengan berbagai kesan elektrik.

Tapi desainer produksi di film ini, Darren Gilford, berhasil memberikan sebuah ide yang segar dengan memadukan antara sesuatu yang klasik dengan futuristik.

Dalam penjelasannya kepada David A. Keeps dari Los Angeles Times, Gilfford menjelaskan bahwa Flynn yang sesungguhnya seorang manusia merancang lingkungannya sendiri. Itulah sebabnya tim produksi mereka memilih berbagai furnitur dan elemen pelengkapnya yang menunjukkan selera dari Flynn. Gilford juga menunjukkan kalau gaya klasik berhasil mereka terjemahkan menjadi esensi gaya dari Tron.

Desain tempat tinggal dari salah satu tokoh Darren Gilford yang diperankan oleh Jeff Bridges, Safehouse, dirancang berkonsep sebagai tempat persembunyian yang tenang dan bercahaya.

Hampir seluruh elemen interior dari Safehouse bercahaya termasuk permukaan lantainya yang terbuat dari panel kaca di atas struktur baja. Plafonnya yang tipis sendiri terbuat dari serat serabut kaca kasar hingga terkesan tak dapat disentuh. Sementara dinding batunya dipahat dengan tangan.

Set Dekorator Lin MacDonald berhasil membuat perabot bergaya Rococo yang terbuat dari akrilik yang memerlukan waktu berminggu-minggu untuk pembuatannya. Ia bahkan memasukkan serabut tipis ke dalam akrilik sebagai jalur cahaya hingga membuat perabotan tersebut dapat memancarkan cahayanya sendiri.

Ruangan di dalam Safehouse dipenuhi dengan perabotan yang abadi seperti Barcelona Chair rancangan Ludwig Mies van der Rohe, serta kursi lounge dan puf 670 karya Charles dan Ray Eames, serta lampu Arco dari Achille Castiglioni, yang diperbarui dengan versi abad ke-18 gaya Perancis. Lampu gantung chandelier terbuat dari kristal yang telah diperbarui dan dilengkapi dengan LED serta dimer.
Meja makannya sendiri terbuat dari akrilik bening. Sementara kursi makannya berfinishing lacquer berwarna putih dengan kain berbahan metalik perak dengan jahitan berpola berlian.

Images: Disney Enterprises

No comments:

Post a Comment