Tuesday, July 15, 2014

NOBAR atau BUKBER



Saya bukan penggemar bola. Kenyataannya saya ini fobia bola. Dulu jaman sekolah saya paling takut kalo kena bola pas main kasti, dioper bola pas main bola basket yang menurit saya bola paling berat, dilambungkan bola voli. Kalo dekat lapangan golf saya takut ada bola nyasar kena kepala. Hahahaha.

Saya baru jadi pemerhati World Cup itu sejak tahun 1998. Itu juga karena kesebelasan favorit saya, Perancis. Terakhir saya nonton bateng itu pas tahun 2008. Lupa piala Eropa atau Liga Inggris kalo ga salah. Nonton bareng di Cafe Oh lala, Djakarta Theatre. Nonton bareng Alexander aMrazing Tian, Cahyo, Uchi dan lain lain. Memories!

Ternyata seru juga ya nonton bareng. Nonton berjamaah istilah yang lebih pas buat edisi Ramadan kali ini ya. Hehehe.

Kegiatan berjamaah yang juga seru tuh ya pas buka bersama, bukber. Memang seperti kata oom William Wongso, makanan itu bisa menjembatani segala perbedaan di antara kita.

Meski bukan Muslim dan tidak berpuasa, saya merasakan kegembiraan buka puasa bersama. Bagaimana segala jajanan pasar yang jarang muncul tetiba hadir. Setidaknya kehadiran Ramadan membawa berkah bagi pedagang makanan dadakan.

Saya ingat tahun 2011 saya mengikuti buka bersama para blogger Multiply di Bogor. Kegiatan diawali dengan bercengkerama di Kebun Raya Bogor, berfoto bersama tentunya. Diakhiri buka bersama di Mbah Jingkrak. Seru pastinya. Kira-kira 50 orang lebih waktu itu. Karena berdekatan dengan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus. Kami diharuskan mengenakan busana bertema merah putih. Seru ya!

Buka bersama menjadi kesempatan untuk bertemu dengan keluarga, sahabat, teman lama yang jarang dapat dijumpai dengan jarak, kesibukan dan kemacetan Jakarta ini. Ya kali tiap bertemu mereka hanya di acara kawinan, kematian atau ada yang menginap di rumah sakit.

Makan (baca: buka) bersama (seharusnya) membuat kita merasa santai dan bisa menjalin tali silahturahmi kembali. Semoga Ramadan kali ini dapat membawa berkah bagi kita semua.


posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment