Saturday, July 24, 2010

SEMERBAK AROMA CIPTAKAN SUASANA - BAG. 1


Desain Interior yang Holistik
Dalam era ‘new age’ yang sedang berlangsung ini, segala aspek kehidupan selalu terkait dengan keseimbangan tubuh, jiwa dan pikiran. Termasuk dalam dunia desain interior. Pencapaian desain interior yang baik tidak lagi hanya terkait dalam persoalan aspek fungsional dan estetis
demi kualitas hidup sehari-hari yang lebih baik. Tetapi lebih jauh lagi dalam desain interior yang lebih holistik, pencapaian desain interior melibatkan indra kita terutama melalui kulit dengan sentuhan terhadap tekstur, mata dengan keindahan visual, telinga dengan suara musik serta hidung dengan aroma yang menyenangkan hati. Desain interior sebuah rumah atau ruang diusahakan bukan hanya memberikan pengalaman fisikal tetapi juga memberikan pengalaman emosional dan mampu merangsang pikiran dan imajinasi penghuninya serta memberikan pengalaman spiritual yang menenangkan batin.

Aroma Mempengaruhi Emosi dan Pikiran
Indra penciuman adalah indra perasa yang paling kuat pengaruhnya terhadap tubuh dan jiwa. Aroma yang dihirup akan mengaktifkan sel-sel saraf penciuman di dalam rongga hidung. Rangsangan yang ditimbulkan aroma kemudian akan dikirimkan saraf ke sistem limbik otak, sebuah area di dalam otak yang berkaitan dengan emosi dan ingatan manusia. Aroma yang kita hirup bekerja secara emosional dan fisik. Secara emosional aroma membuat kita merasa lebih baik dengan membangkitkan perasaan dan kenangan. Sehingga mempengaruhi produksi hormon-hormon yang diperlukan di dalam tubuh .
Jadi mengapa tak menggunakan aroma dari pengharum seperti minyak esensial, lilin wangi, potpourri atau lidi dupa untuk membangkitkan suasana di rumah Anda. Jika selama ini dalam dunia interior hanya dikenal penggunaan warna dan tekstur untuk membangkitkan suasana dalam suatu ruangan, sudah saatnya Anda mempertimbangkan penggunaan minyak esensial, lilin wangi, potpourri, atau lidi dupa untuk mendapatkan aroma yang dapat membangkitkan suasana di dalam rumah Anda. Tentu Anda membutuhkan rumah dimana ruang-ruang di dalamnya dapat memberikan suasana yang menyegarkan pikiran, menurunkan depresi, membuat rileks, meningkatkan semangat, mengurangi kecemasan dan mengendurkan ketegangan saraf.
Ada beragam aroma yang dapat digunakan sesuai dengan ruang-ruang yang ada di dalam rumah kita.

Artikel ini saya tulis untuk Tabloid Bintang Home dengan judul AROMA SEBAGAI ELEMEN INTERIOR tahun 2007 lalu.

No comments:

Post a Comment