Saturday, July 24, 2010

SEMERBAK AROMA CIPTAKAN SUASANA - BAG. 2

Pilih Aroma sesuai Suasana Ruangan
Ruangan seperti ruang tamu dan ruang keluarga membutuhkan suasana yang hangat, menggembirakan, dan menenangkan. Untuk itu dibutuhkan aroma yang menyegarkan, seperti bergamot, lemon, lotus, neroli, anggur, melati. Juga gunakan aroma seperti Sandalwood, Ylang-Ylang, Granium, Chamomile, Geranium, Cedarwood yang sedikit tajam dan menyengat untuk meningkatkan kesadaran dan semangat kita.

Hampir sama dengan ruang tamu dan ruang keluarga, ruang makan membutuhkan suasana hangat, menggembirakan untuk membangkitkan nafsu makan. Sehingga makanan yang sederhana sekalipun akan terasa lebih nikmat karena suasana di meja makan yang mendukung. Karena itu gunakan pengharum yang beraroma manis, menyenangkan, menyegarkan. Contohnya adalah minyak esensial seperti bergamot, geranium, melati, sereh, jeruk, apel, kayumanis. Selain itu juga dapat menggunakan aroma yang sedikit tajam, pedas seperti rempah untuk menimbulkan suasana hangat. Contohnya seperti aroma dari lada hitam, kayuputih, cengkeh, chamomile, jahe, geranium, cendana, ylang-ylang, cypress, kemangi, ketumbar.

Sebuah ruangan seperti ruang kerja atau ruang belajar tentu membutuhkan suasana yang yang kondusif untuk meningkatkan dan merangsang vitalitas, motivasi, konsentrasi serta ingatan. Untuk suasana seperti ini diperlukan aroma yang menyegarkan dan manis dari bergamot, rosemary, kemangi, lada hitam, cypress, peppermint, lemon, lotus. Tetapi jika pekerjaan atau kegiatan belajar membuat stress, gunakan yang beraroma seperti cendana, lavender, geranium, nilam/patchouli, cardamom/kapulaga, untuk mengurangi stress akibat kegiatan belajar atau bekerja.

Anak-anak membutuhkan suasana yang hangat dan gembira jika mereka sedang melakukan aktivitas bermain di ruang tidur mereka. Untuk itu sebaiknya gunakan seperti lemon, anggur, bergamot, melati, geranium, ylang-ylang, mawar, cendana, jahe, apel, cypress, yang lebih netral dan dapat meningkatkan semangat bermain mereka. Sebaliknya jika harus beristirahat anak-anak membutuhkan suasana yang nyaman, yang memberikan rasa aman, menghilangkan stress, perasaan-perasaan negatif yang dapat mengganggu tidur mereka. Pengharum dari green tea, neroli, citronele, pinus, lavender, bergamot, eucalyptus dapat digunakan supaya anak-anak lebih maksimal dalam beristirahat.

Pasangan suami istri yang sibuk bekerja tentu membutuhkan ruang tidur yang nyaman, menenangkan, sehingga dapat menghilangkan stress dan kelelahan setelah seharian beraktivitas. Karena itu gunakan pengharum beraroma neroli, lavender, citronele, green tea, pinus, bergamot, atau kayuputih. Sesekali tentu pasangan suami istri membutuhkan suasana yang hangat dan romantis untuk melakukan hubungan suami istri. Karena itu dibutuhkan aroma yang manis dari bunga untuk mendapatkan suasana romantis. Gunakan aroma dari geranium, melai, patchouli / nilam, mawar, melati, juniper, ylang-ylang, dan lavender. Bisa juga ditambahkan minyak esensial dari palmarosa, sandalwood, akar wangi, chamomile, jahe, teh, lada hitam untuk mendapatkan suasana yang hangat.

Dapur saat ini selain sebagai tempat untuk memasak juga dapat digunakan sebagai area berkumpul keluarga. Terutama dapur yang dilengkapi dengan fungsi pantry atau minibar. Sebagai tempat memasak dibutuhkan suasana yang kondusif untuk konsentrasi kerja memasak. Aroma yang cocok adalah yang manis dan menyegarkan seperti bergamot, lemon, rosemary, thyme, cypress, peppermint, lotus. Aroma seperti ini juga mampu menghangatkan suasana saat seluruh keluarga berkumpul di dapur.

Banyak orang beranggapan bahwa kamar mandi bukan sekedar tempat untuk mandi dan menunaikan hajat. Kamar mandi telah menjadi sanctuary, tempat dimana kita merasa damai dan aman, tempat menenangkan diri dari persoalan hidup sehari-hari. Saat berada di dalam kamar mandi, kita butuh suasana yang menenangkan, menyejukkan, nyaman, sekaligus menyegarkan pikiran. Karena itu gunakan pengharum beraroma seperti neroli, pinus, ylang-ylang, lavender, dan citronele.

Dengan berbagai alternatif pilihan pewangi dan aromanya, maka Anda tinggal memilih mana yang paling cocok untuk digunakan oleh Anda dan seisi keluarga di dalam rumah. Tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba berbagai alternatif pilihan pewangi dan aromanya untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas.


Artikel ini saya tulis untuk Tabloid Bintang Home dengan judul AROMA SEBAGAI ELEMEN INTERIOR tahun 2007 lalu.

No comments:

Post a Comment